Kastil Cardiff

Inilah tempat pertama yang kami kunjungi di Cardiff, Castle Cardiff.  Purinya sangat luas, walaupun tak seluas kastil di Warwick. Tampak luar benteng tinggi menutupi kastil. Beberapa bendera riuh berkibar diterpa angin. Tiba-tiba saya teringat pada cerita dongeng putri tidur, halah :).  Menapakkan kaki di atas kayu melambungkan angan saya pada pintu kayu benteng yang dapat ditarik membuka dan menutup. Tak seperti itu sih, karena kayu yang ini sudah berubah menjadi semen, dan tak perlu ditarik oleh tentara yang menjaganya dari dalam kastil. Di sebelah kanan berdiri benteng pertahanan sekaligus perlindungan bagi penghuni kastil. Konon ini tempat pasukan memata-matai musuh. Kastilnya sendiri berdiri megah ditengah-tengah hamparan rumput  hijau.

Kami masuk ke dalam dan menyusuri ruang-ruang di dalamnya. Ornamen-ornamen di dalam kastil sarat dengan warna-warna keemasan. Sesekali partner bercerita dan saya berusaha memahami kisah dibalik sejarah kastil Cardiff ini. Kali ini saya sungguh-sungguh menyesal tidak mengikuti saran partner, yang meminta saya mencari tahu dan membaca dahulu tempat-tempat yang akan kami kunjungi. Hanya satu anjurannya yang saya ikuti, membaca buku James Herriot sebelum pergi agar saya bisa meresapi nuansa yang ditawarkan museum Herriot dan kota Thirsk itu.

Esok hari-nya sebelum menuju bis ke Coventry kami luangkan waktu untuk mengikuti tour sightseeing. Singgah sebentar di Cardiff Bay. Udara dingin langsung menerpa wajah, rasanya sedikit perih dan tangan seketika membeku. Untunglah terbantu sedikit dengan penjual pancake yang menjajakan dagangannya di sana. Uap panas kompor menjadi penolong sementara dan pancake yang dijajakan memang enak :).

Perjalanan kami di Cardiff berakhir di sini. Kami akan melanjutkan perjalanan ke Coventry. Saya melirik partner yang sepertinya sudah tak sabar mengunjungi kampusnya dulu. Ada yang meleleh dari dalam sana, ya saya tahu, suatu hari nanti dia ingin datang ke kota dan kampus ini dengan saya disampingnya. Dan sebentar lagi impian kami terwujud :).


http://kuncoro.com/2010/03/thirsk-or-bust/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *