Large Hadron Collider

Selasa, tanggal 30 Maret 2010, jam 18.06 kolisi LHC berhasil dieksekusi. Hmm, lantas apa hebatnya?

Large Hadron Collider atau Penumbuk Hadron Raksasa adalah instrumen pemercepat partikel berenergi tinggi yang terbesar di dunia. LHC dibuat oleh Badan Riset Nuklir Eropa (CERN). Terletak 91 meter dibawah perbatasan Franco-Swiss dekat Geneva, Switzerland, mesin yg berbentuk terowongan sepanjang 27 kilometer ini dibangun oleh 10000 ilmuwan dan insinyur, dari lebih 100 negara, serta didukung oleh ratusan universitas dan laboratorium. (sumber: wikipedia)

Dan, berhasilnya eksperimen kolisi LHC ini dikabarkan akan membuka sedikit tabir rahasia alam semesta.

Apa sih yang dicari dalam eksperimen ini? Adalah sebuah partikel elementer yang bernama Higgs Boson.

Seberapa pentingnya Higgs Boson?

Di dalam fisika dikenal adanya Model Standar, yang menjelaskan bagaimana partikel-partikel berinteraksi secara fundamental di alam. Higgs Boson adalah satu-satunya partikel dalam model standar fisika yang belum pernah teramati.

Ingat film Angels dan Demons? Materi dan Anti materi? Nah, para ilmuwan melakukan eksperimen dengan menembakkan dua pancaran partikel (proton dan anti proton) dari arah yang berlawanan dan diharapkan saling bertumbukan satu sama lain dalam kecepatan mendekati cahaya (dalam kecepatan tinggi). Bila energi dari tumbukan itu cukup besar, maka partikel akan terpecah menjadi potongan yang lebih mendasar yang salah satunya mungkin adalah Higgs Boson. Partikel ini akan bertahan hanya selama sepersekian detik sebelum akhirnya meluruh menjadi partikel lain. Dan tugas ilmuwan adalah mencari bukti keberadaan higgs boson dari partikel-partikel yang dihasilkan dari tumbukan di atas.

Eksperimen LHC dikondisikan pada keadaan awal penciptaan alam semesta, yang tujuannya mencari keberadaan partikel higss boson (atau banyak orang menyebutnya dengan partikel tuhan), yang hingga kini masih misterius. Higgs Boson sampai saat ini masih hipotesa, belum dapat dibuktikan kebenarannya. Namun jika memang keberadaan higgs boson ditemukan maka dapat menjelaskan banyak hal yang berkaitan keberadaan fisik benda-benda yang ada di seluruh alam semesta.

Informasi yang lebih mendetail dapat dibaca pada sumber-sumber yang lebih akurat, baik di buku atau di Internet. Saya menuliskannya hanya sebatas pada minat saya mempelajari sains saja. Maka, jika ada kesalahan mohon dikoreksi :).

sumber: http://www.foxnews.com/story/0,2933,422268,00.html

3 thoughts on “Large Hadron Collider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *