Alternatif Materi TIK KTSP Erlangga

Baiklah, teman, saya mendapat banyak pertanyaan perihal bagaimana menyiasati materi TIK yang ada di buku KTSP Erlangga sehubungan tidak adanya akses internet.

Saya coba paparkan satu persatu ya.

  • Kelas 1 SD

Hal 34. Pembelajaran ini melatih ketrampilan menggunakan mouse. Alternatif yang diberikan jika lab komputer sekolah Anda tidak terhubung ke Internet adalah beberapa permainan edukasi yang sejenis. Lihat di hal 36. Semua program pengganti itu dapat diunduh di blog ini melalui halaman Erlangga.

Hal 52. Dapat menggunakan program pengganti yang ada di halaman 36. Program-pogram tersebut dapat digunakan berulang kali. Insya Allah akan saya sisipkan program ketrampilan mengetik dan program free lainnya. Atau Anda dapat mencarinya sendiri di Internet.

Hal 57.  Anda bisa meminta siswa berdiskusi dengan materi yang Anda tentukan. Dalam contoh temanya tentang makhluk Hidup dan Benda Mati. Ajak siswa berdiskusi. Selanjutnya berikan tugas kepada mereka untuk membuat daftar benda-benda yang termasuk dalam makhluk hidup dan benda mati.

  • Kelas 2 SD

Hal 45. Tema: Membuat skenario. Anda bisa menggunakan bantuan program pengolah kata sederhana dan program pengolah gambar, seperti Drawing For Children. Akan lebih baik jika guru sudah mempunyai contoh yang dapat dilihat anak-anak, untuk memancing minat mereka.

Hal 65.  Sama seperti uraian saya sebelumnya. Ajak siswa berdiskusi mengenai kebersihan. Diskusi boleh berkelompok.  Minta siswa mencatat hasil diskusi mereka. Boleh juga setiap kelompok mempresentasikan karya mereka.

  • Kelas 4 SD

Hal 14. Guru dapat mempersiapkan tabel perkalian yang telah dibuat. Perlihatkan kepada siswa dan katakan kepada mereka bahwa kita akan membuat tabel perkalian sendiri. Abaikan untuk akses ke internet jika koneksi tidak tersedia.

Hal 52. Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah. Minta mereka untuk mengamati jenis sampah yang berserakan di kelas, kantin, lapangan sekolah, perpustakaan atau tempat lainnya (Pilih 3 tempat yang menjadi objek pengamatan). Kemudian mengumpulkan data dan mencatatnya di komputer. Selanjutnya, lakukan praktik seperti di halaman 48. Atau Anda dapat memilih tema yang berbeda, misalnya mengamati jenis makanan atau minuman yang dijual di kantin. Atau jenis buku apa saja yang ada di perpustakaan, dan lain-lain.

Hal 63. Minta siswa untuk membaca satu buah buku (Boleh berupa tugas sebelum materi ini diberikan di kelas). Berikan tugas kepada mereka untuk menulis salah satu tokoh favorit mereka di cerita tersebut.  Dan jangan lupa sertakan pesan moral yang ada dalam cerita. Selanjutnya mereka dapat mengetikkan tugas mereka di komputer pada saat pelajaran komputer berlangsung.

Hal 88. Minta siswa berkelompok. Ajak mereka berdiskusi mengenal bagian tubuh serangga. Minta setiap kelompok untuk membahas satu jenis serangga. Selanjutnya, buat latihan tabel bagian tubuh kupu-kupu (jika serangganya kupu-kupu), seperti yang ada dalam contoh di halaman 89.

Bapak/Ibu guru, intinya jangan terpaku pada yang ada di buku. Jika fasilitas tidak memungkinkan Anda bisa saja mengubah atau membuat variasi sendiri yang sesuai dengan kondisi siswa dan fasilitas yang ada. Materi dalam buku dapat dijadikan sebagai pemicu untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Dan saya kira pelajaran komputer tidak selalu harus berhadapan dengan komputer. Ada banyak cara untuk berinteraksi, seperti: diskusi, membuat prakarya, melakukan permainan yang melibatkan gerak motorik, dsbnya.

Oya, untuk kelas 3 SD ditunda dahulu, karena saya keabisan bukunya.. hehe. Nanti insya Allah menyusul ya.

Dan keterbatasan fasilitas sekali lagi bukanlah halangan. Ada kalanya itu justru mendatangkan ide kreatif. Salam saya buat Anda semua. Semoga tulisan ini cukup membantu rekan-rekan. Dan terima kasih telah menggunakan buku Erlangga :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *