Twitter

Apa beda following dan follower? Dan apa sih RT itu? Ini beberapa pertanyaan dari hasil chatting saya dengan murid beberapa hari yang lalu. Dan kali ini saya ingin memaparkan dalam tulisan sekilas mengenai twitter.

Twitter adalah salah satu situs web jejaring sosial dan mikroblog. Pengguna dapat mengirimkan informasi singkat dengan panjang maksimum 140 karakter. Ada banyak microblog sejenis twitter, beberapa di antaranya buatan lokal, yaitu kronologger dan koprol.

Twitter dapat digunakan untuk berbagi dan menyebarkan informasi. Twitter juga digunakan di berbagai bidang, seperti: Politik, Humas, Pendidikan, dan lain-lain.

Beberapa istilah yang digunakan dalam twitter. (sumber: wikipedia)

Tweet: sesuatu yang ditulis di status twitter
Following: pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
Follower: pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
# (hash tags): penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Trending topics: topik yang sedang banyak dibicarakan pengguna dalam waktu yang bersamaan.
RT (Re-tweet): menuliskan kembali tweet orang lain. Biasanya ini dimaksudkan untuk berbagi informasi dengan pengguna lain.

Twitter membuat kamu bisa berkomunikasi dengan idolamu, presiden, dan para menterinya. Hmm… jadi berpikir bagaimana jika kita menggunakan twitter sebagai media belajar? Kamu bisa bertanya jawab dengan tokoh-tokoh yang kamu kagumi, seperti musisi, ilmuwan, penulis, dan lain-lain. It sounds fun, isn’t it?

3 thoughts on “Twitter

  1. saia suka twitter dan terasa menyenangkan bisa berbagi dan beinteraksi dengan para tweeps (sebutan bagi para pengguna twitter) `sudahkah anda ngeTweets hari ini?` (lol)

  2. Adhie: Saya punya twitter jarang saya update. Tapi saya pakai twitter untuk sharing informasi, tepatnya untuk saya mendapatkan informasi2 terbaru .. hehehe

  3. makasih penjelasannya, sangat membantu menjawab pertanyaan2 tentang “what is twitter??” di kepala saya… hehehe,
    eh tapi katanya twitter bisa jadi ajang buat nyebar hack atau virus ya? bener ga sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *