Blog Gratis dan Blog Berbayar

Untuk memenuhi permintaan seorang rekan, saya coba untuk memaparkan perbedaan blog berbayar dan blog gratis.

Blog Gratis
Untuk pemula blog gratisan sangat dianjurkan. Blog gratisan seperti wordpress sangat mudah dioperasikan. Kita tidak perlu repot membayar hosting dan domain. Kekurangannya, nama domain harus mencantumkan nama hosting si penyedia jasa blog gratisan ini. Template atau tampilan blog yang disediakan juga terbatas. Dan sewaktu-waktu blog kita dapat ditutup. Mereka juga tidak bertanggungjawab dengan arsip-arsip file yang mungkin saja hilang. Lainnya, yaitu kita tidak dapat memasang plugin-plugin untuk menambah fasilitas blog.

Blog Berbayar
Blog berbayar kebalikan dari blog gratis. Kita harus membayar hosting dan domain setiap tahun. Merawat data sendiri dan menginstal software atau plugin sendiri. Untuk memilih theme yang berbeda kita juga harus membayar. Umumnya yang menggunakan blog berbayar adalah perusahaan atau sekolah/lembaga. Karena mereka dapat menggunakan domain sendiri.

Mana yang lebih baik blog berbayar atau blog gratis?

Sama saja. Tergantung dari visi dan misi membuat blog. Blog yang dibuat untuk tujuan bisnis umumnya menggunakan domain sendiri. Selain itu blog berbayar berkesan lebih profesional bagi perusahaan atau lembaga yang bersangkutan.

Namun tidak selalu blog berbayar bertujuan komersil. Kebanyakan orang memilih blog berbayar karena fleksibilitas dalam pengaturan. Saya sendiri memilih blog berbayar karena awalnya blog ini dibuat untuk membantu rekan guru dan orang tua yang membutuhkan file-file yang ada di buku tik sd erlangga.

Untuk blog pribadi sebenarnya cukup dengan yang gratis. Kita bisa belajar dari sana terlebih dahulu. Satu lagi, tidak penting apakah blog gratis atau berbayar. Berbayar tapi kemudian tidak menulis apapun di blog itu juga sia-sia. Akan lebih baik menggunakan blog gratis tapi rajin mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan terbaru.

Sejauh ini apa kegunaan blog?
Blog membantu kita untuk menulis lebih baik, menuangkan ide dan gagasan yang kita miliki dalam bentuk tulisan, membantu berkomunikasi dengan orang lain, menambah teman, dan masih banyak lainnya. Blog juga bisa berfungsi sebagai media informasi, contohnya: kita bisa menulis resep-resep masakan favorit, mempromosikan sebuah produk barang/jasa, meresensi buku atau film, dan lain-lain.

Dengan blog kita dapat berbagi ilmu dengan orang lain. Ilmu yang kita miliki adalah amanah dari Tuhan, Sang Pencipta. Dan sebagai amanah, kita mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk mengamalkannya. Jangan takut ilmu kita habis, karena Tuhan akan memberikan lebih banyak lagi jika kita mau membaginya dengan orang lain.

6 thoughts on “Blog Gratis dan Blog Berbayar

  1. @Adhief: yuk, mari.. 🙂
    @Budies: Bisa Pak. Tapi backup dulu yang di blog gratisnya. Kalau di wordpress itu ada pilihan Export, di opsi Tools. Selanjutnya, import ke blog yang berbayar.

  2. @Paksiman: Sebenernya saya maunya gratis aja. Tapi koleksi file seringkali melampaui kuota bandwit karena banyaknya yang mengunduh. Waktu dipindah ke server yang gratisan aja (ziddu) saya sudah dicomplain. Jadi saya kembalikan lagi. Dan agar lebih hemat file2 umum (selain untuk keperluan buku TIK SD) saya alihkan ke server gratisan. Tapi nggak pp kok saya senang, semoga file-file itu bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *