The Illusion of Reality

Setelah berbagai trial and error akhirnya saya berhasil menonton film bagus ini. Sambil tertatih saya mencoba memahami isi cerita. Nah, salah satu bagian yang cukup menarik adalah ketika membahas mengenai persamaan  Dirac. Siapakah dia? Paul Adrien Maurice Dirac, salah satu fisikawan pembangun teori Kuantum.  Dan secara tidak sengaja pula, ternyata esok hari tanggal 8 Agustus adalah hari kelahiran Beliau.

Yang sudah pernah liat Angels and Demons pasti penasaran dengan kata ini: anti-materi. Iya kan? Persis demikian halnya dengan saya. Pencarian itu menghasilkan beberapa artikel di internet dan melihat film The Illusion of Reality. Anti materi ini diteorikan oleh Dirac. Melalui persamaan matematikanya yang indah Dirac merumuskan bahwa setiap materi mempunyai pasangan, yang disebut anti materi itu.  Contoh,  elektron antimaterinya adalah positron. Dan antimateri dari proton adalah antiproton. Namun anti materi ini tidak tersedia di alam. Dan jika materi dan anti materi bertemu maka mereka akan saling meniadakan. Di film digambarkan, bahwa diri kita juga mempunyai pasangan. Jika diri dan pasangan kita bertemu maka mereka berdua akan saling memusnahkan. Pertanyaannya, dimana pasangan saya ya? Hehehe..bercanda.

Tapi saya masih tidak memahami bagaiman sebuah persamaan matematika bisa merumuskan hal di atas? Ada yang bisa menjelaskan tidak ya? Tapi dengan menggunakan bahasa untuk orang awam saja ya?

3 thoughts on “The Illusion of Reality

  1. emang agak panjang sih kalo mau dijelasin

    mungkin dimaksud “pasangan” kita yang bisa saling memusnahkan itu, kita dalam bentuk antimateri. jika kita terdiri dari elektron dan proton, maka pasangan kita terdiri dari antielektron dan antiproton.

    kedua pasangan inilah yang akan saling memusnahkan

    oiya, ada tulisan tentang Paul andrien maurice dirac di situs dunia fisika pada kategori tokoh fisika

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *